Minggu, 03 Mei 2015

Kura-kura Belawa

Belawa nama sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon berjarak kurang lebih 20 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon. Desa belawa mempunyai hewan langka yaitu kura-kura langka yang diyakini oleh LIPI jika kura-kura belawa ini hanya ada satu di indonesia. Namun jumlah kura-kura Belawa saat ini semakin sedikit karena pada tahun 2010 terdapat serangan penyakit yang mengakibatkan sedikitnya 300 kura-kura dewasa mati akibat penyakit yang disebabkan jamur..


Tempat penangkaran kura-kura Belawa
 Akibat dari wabah penyakit pada tahun 2010,  ratusan kura-kura mati termasuk kura-kura dewasa yang berumur ratusan tahun. Hal inilah yang juga mengakibatkan jumlah pengunjung semakin berkurang. Karena daya tarik obyek wisata ini sudah berkurang, pengunjung hanya disuguhi kolam karantina yang berisi kura-kura kecil saja berumur 1-3 tahun. Namun untuk mengobati kekecewaan, pengunjung masih bisa melihat fosil kura-kura dewasa berumur ratusan tahun yang telah diawetkan.


Fosil Kura-kura Belawa berumur ratusan tahun

Selain kura-kura di tempat ini terdapat Sumur Pamuruyan yaitu sebuah sumur dangkal. Pamuruyan  dalam bahasa sunda bisa berarti tempat muruy. Yang artinya tempat untuk bercermin melihat kedalam diri sendiri (intropeksi).

Sumur Pamuruyan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar